Wednesday, February 1, 2012

4 TIPS BERKOMUNIKASI DENGAN BAHASA INGGRIS

Sebelum kita bahas cara mudah berkomunikasi dengan bahasa inggris, kita harus tau bahwa english is not our first language dengan kata lain bahasa inggris bukan bahasa keseharian kita. sehingga muncul kelemahan-kelemahan jika bahasa inggris dipelajari sebagai bahasa asing yang paling utama adalah malu dan takut salah. so yang pertama kali harus kita lakukan adalah
  1. CONFIDENCE, yang berarti percaya diri. idak semua orang punya confidence yang tinggi, dan hampir semua pelajar bahasa inggris malu untuk memulai berbicara. yang harus kita lakukan adalah fake it!....dengan kata lain PALSUKAN!berpura-puralah PD meskipun jantung kayak mau loncat keluar, wajah terasa panas terbakar, keringat bercucuran se-mente-mente ato sejagung-jagung, badan gemetaran, kakipun bergerak dangdutan hehe.................just say it...hampir semua orang seperti itu pada awalnya, lakukan aja terus.. itu akan hilang dengan sendirinya. so..CONFIDENCE, FAKE IT!
  2. MISTAKE, just make 'em (them) and learn from 'em. In fact English is not our mother tongue (bahasa inggris bukan bahasa ibu kita) so membuat keselahan itu wajar. bukan hanya bahasa inggris, bahasa indonesia aja kita sering buat kesalahan kenapa kita harus malu melakukan kesalahan dengan bahasa orang. santai aja bro...!jangan kan yang belajar, pengajarnya bahkan lebih sering melakukan kesalahan karena semakin kita sering berbicara semakin kita bisa menemukan kesalahan-kesalan yang kita lakukan. that's better dan belajar dari kesalahan itu lebih baik dari pada tidak… . dan INGAT! tidak pernah buat kesalahan bukan berarti pinter tapi you've done nothing. So make it and learn from it.
  3. SAY ANYTHING, hampir semua english learner bingung mengawali ngomong. Sebenarnya dalam hal ini gak ada "rule" kamu bisa ngomong apa aja asal bukan yang privacy (mis: marital status, age, etc). kamu bisa awali dengan misalkan "hi, I am Dona…” jika foreigner-nya gak ngerespond berarti stop! Jangan diteruskan, mungkin mereka lagi gak mood untuk ngomong atau mereka tidak ingin diganggu atau bisa jadi dianya lagi sariawan hehe… TAPI…. Jika mereka ngerespon misalkan, “oh hi, I am bob” itu berarti “it works” atau dengan kata lain kamu sudah berhasil memulai, kemudian bisa kamu lanjutkan dengan Tanya “how are you Bob?” INGAT tidak selamanya perkenalan selalu di ikuti” how do you do”. Jika langkah awal sudah mulus baru kemudian lanjutkan dengan topic lain, disini saya sarankan topik yang umum, misalkan cuaca, resort, dll .
  4. EYE CONTACT, you have to make it. Karena belajar bahasa berarti belajar budaya, kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan. Pada point yang satu ini sangat bertolak belakang dengan budaya kita terutama budaya jawa. Saat kita memperhatikan mata orang tua kita saat diajak bicara itu orang jawa bilang “saru” atau mungkin bisa diartikan kurang sopan. Sementara dibarat “eye contact” (memperhatikan mata) itu sangat penting . kadang kita mungkin merasa risih jika terus – menerus memperhatikan mata mereka, tapi mereka lebih risih jika kita memperhatikan bagian tubuh yang lain selain mata. Misalkan bibir, mereka bisa salah tingkah atau mungkin mengusap bibirnya berkali-kali Karena dianggap ada kotoran di sekitar bibirnya. So, MAKE IT.
Ok dech,,, itu tips sederhana untuk berkomunikasi dengan foreigners. Sekarang waktunya untuk bertempur melawan keragu-raguan, kebimbangan, and make English as easy as A B C’s, n be confidence with your English. Remember !! that’s not our mother tongue don’t expect to much to be perfect. So no body cares about mistake you’ve made, just make the communication running, mereka paham kita paham that’s the point.

No comments: